SEHAT DENGAN SEREAL BEKATUL ORGANIK

Posted by Beras Organik Padi Mulya | 20.07 Categories:
SRAGEN - BEKATUL atau kulit ari padi, kini tak lagi sekadar makanan ternak. Limbah tersebut ternyata bermanfaat untuk kesehatan, setelah diolah menjadi sereal yang layak dikonsumsi manusia.

Adalah H Suyamto, seorang pengusaha / produsen padi organik yang berinovasi mengolah bekatul dari padi organik menjadi sereal. Menurut H. Suyamto, kulit ari padi yang dulu hanya untuk pakan ayam itu sangat baik untuk mengobati kolesterol, diabetes, hipertensi, jantung koroner, gondok.

Terilhami dari membaca buku karangan Dr. Liem, tahun 2006 ia mencoba membuat sereal bekatul. Bulan pertama ia hanya memproduksi 500 pack, setiap packnya berbobot 150 gram. Awalnya ia memang ragu , namun setelah banyak konsumen yang membuktikan sendiri khasiat dari sereal bekatul ini ia semakin optimis produknya akan diminati oleh banyak konsumen.
Suyamto, yang kebetulan juga produsen padi organik ini tidak kesulitan untuk mendapatkan bahan baku bekatul. Bekatul merupakan limbah produksi penggilingan padi organik miliknya.

Sereal ini jangan disamakan dengan bekatul biasa. Karena telah melewati proses produksi secara khusus.Namun dijamin bebas dari bahan-bahan kimia. Dalam pembuatan sereal bekatul ia mengaku tidak menambah zat-zat kimia apapun dalam campurannya. ”Murni dari bekatul organik yang dilembutkan, tanpa campuran bahan kimia apapun, jadi sangat aman bila dikonsumsi” kata Suyanto.

Saat ini, setiap bulannya ia mampu berproduksi 3000 sampai 4000 pack, yang setiap pack nya berbobot 150 gram. Harga per pack ia patok hanya Rp. 6.000,-. Namun harga di eceran bisa sampai dengan Rp. 10.000,-. Ia mengaku tidak mendapat kesulitan dalam memasarkan produknya. Awalnya ia memang menawarkan sendiri ke berbagai kota besar di Jawa Tengah, tapi sekarang ia tinggal menerima pesanan dari berbagai kota besar di Jawa antara lain Solo, Yogyakarta, Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Pemilik produsen beras organik PT Padi Mulya tersebut mengatakan, produknya telah melewati uji lab PT Sucofindo No.3268349 dan Uji Lab Dinas Kesehatan. Bahkan ijin dari Dinas Kesehatan Nomor 33/11-31-03 telah ia kantongi, jadi tidak ada keraguan untuk memasarkannya.

Tamu-tamu yang melewati kota Sragen ataupun yang berkunjung ke Sragen, banyak pula yang mampir untuk membeli produknya. Kebetulan tempat berproduksinya sangat strategis, terletak di pinggir jalan raya Solo Sragen.

Suyamto tidak menawarkan janji tetapi bukti. Ia menuturkan banyak kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Sragen yang telah membuktikan khasiat makanan tersebut. Mereka yang pernah membuktikan antara lain Kepala Kantor Catatan Sipil Kab. Sragen Sarwadi SSos, dan Kepala Dinas Kehutanan dan PerkebunanKab. Sragen Ir Wakidi.

Ir Wakidi yang dihubungi secara terpisah menuturkan, sudah setahun ini ia secara rutin minum sereal bekatul tiap hari. ”Badan lebih segar, tidak mudah sakit dan buang air besar menjadi tambah lancar” tuturnya.

Tidak jauh beda dengan Ir. Wakidi, Sarwadi S.Sos juga menyatakan hal serupa. ”Dulu sebelum minum sereal bekatul saya sering pegel-pegel sehabis pulang kerja, namun sekarang setelah rutin minum sereal bekatul, sudah tidak pegel-pegel lagi, biasanya saya campur dengan temulawak” jelasnya. Ia juga mengaku ketahanan tubuh menjadi lebih kuat, tidak mudah sakit. ”Apalagi kalau puasa, tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah loyo, bila sewaktu sahur minum sereal bekatul ini” tambahnya. Sarwadi, S.Sos sudah dua ini, setiap hari nimum sereal bekatul.

Untuk mengkonsumsinya, sereal bekatul tinggal dicampur dengan air hangat boleh ditambah gula atau jeruk nipis, atau boleh ditambah dengan temulawak. Maka akan menjadi minuman yang lezat dan berkhasiat. ”Tidak pahit, rasanya nikmat sekali, biasanya saya tambah dengan temulawak” tutur Sarwadi. (Hartono – Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube